SOLO, MUHAMMADIYAHSOLO.COM—Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Solo menggelar Rapat Kerja dan In House Training “Great Personality : Serve With Love ” pada Sabtu-Minggu (18-/19/5/2024). Kegiatan yang digelar di Griya Persada Hotel & Convention Center Bandungan Semarang itu diikuti 115 pejabat struktural dan dokter di RS setempat.
Kegiatan menghadirkan narasumber internal Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta, Mardiatmo, dan Profesional Trainer dan Motivator sekaligus Founder Sri Sumahardani Academy, Ni Ketut Sri Sumahardani. Mardiatmo menyampaikan dalam leading with love, pimpinan perlu memahami cara menunjukkan cinta kasih kepada anggota tim dan pasien.
“Petugas layanan kesehatan akan melayani pasien dengan lebih efektif dan dengan kasih sayang yang besar, sehingga diharapkan pemimpin memberikan perhatian lebih kepada orang di sekitarnya,” ujar Mardiatmo dalam rapat kerja, Sabtu.
Punya Empati
Menurut dia, pemimpin perlu memiliki empati untuk memberikan hal terbaik bagi tim, rekan kerja dan perusahaan, berpikiran terbuka, menyeimbangkan antara teknologi dan kemanusiaan, serta berusaha untuk membuat rekan kerjanya merasa bahagia. “Tak lupa meningkatkan well-being rekan kerja, membantunya menjadi lebih baik lagi, fokus pada pengembangan pribadi untuk memiliki empati.”
Di hari kedua, narasumber Sri Sumahardani dalam materinya tentang Serve With Love menyampaikan bahwa customer bukanlah raja.” Dan kita bukanlah pelayan, tetapi kita dan customer adalah sahabat,” ujarnya. Oleh karena itu, tenaga kesehatan perlu melayani dengan pendekatan hati dan emosional.
“Kita tidak membantunya dengan melayaninya, dialah yang memberikan kita kesempatan untuk melayaninya. Perbaiki layanan kepada pelanggan eksternal dapat dimulai dengan memperbaiki hubungan atau layanan kepada customer internal dalam hal ini rekan kerja, pimpinan maupun bawahan,” terangnya.
Baca Juga: RS PKU Muhammadiyah Solo Gelar Sharing Session Bersama Dokter & Klinik Se-Soloraya
Dia mengatakan semua petugas rumah sakit bisa menjadi service winner apabila sikap dan perilakunya menyenangkan. “Bekerja sepenuh hati, berorientasi pada customer, dan memanusiakan pelanggan,” tambah Sri.
Hadir membuka pelaksanaan Rapat Kerja dan In House Training RS PKU Muhammadiyah Surakarta di hari pertama adalah Ketua MPKU Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, Prof. Muhammad Da’i, didampingi Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta beserta seluruh Wakil Direktur.