Surakarta, 14 November 2025, Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kreativitas
pendidik, SD Muhammadiyah 20 Sidorejo Surakarta menyelenggarakan kegiatan workshop literasi untuk peningkatan kompetensi guru dengan fokus pada pelatihan pembuatan majalah sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 14 November 2025, bertempat di Ruang Laboratorium Komputer SD Muhammadiyah 20 Sidorejo Surakarta.
Kegiatan ini menghadirkan seluruh guru dan tenaga kependidikan (GTK) sebagai peserta. Acara ini mendatangkan narasumber yang berpengalaman dalam penyusunan majalah sekolah yaitu Hendro Susilo, Pemimpin umum Majalah HUMANIKA milik SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan teknis terkait pengembangan majalah sekolah yang berkualitas, menarik, serta relevan dengan kebutuhan sekolah pada era digital.
Menumbuhkan Budaya Literasi
Pelatihan berlangsung begitu interaktif, dimulai dengan pengenalan konsep dasar jurnalistik, Teknik penulisan artikel sekolah, dan pengelolaan konten kreatif. Para peserta terlihat antusias mengikuti diskusi terkait pengembangan rubrik, pemilihan desain visual, serta strategi penyusunan majalah yang mampu menjadi sarana publikasi prestasi siswa dan aktivitas sekolah. Salah satu peserta yang mengikuti sesi pelatihan, Indah Muliana menyampaikan kesan positif terhadap kegiatan ini. “Saya sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini karena mendapatkan pengetahuan baru tentang pembuatan majalah sekolah yang lebih kreatif dan menarik. Pelatihan ini membuka wawasan saya untuk menghasilkan karya yang bisa memberi manfaat bagi siswa dan sekolah,”
Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 20 Sidorejo Surakarta, Joko Susilo dalam sambutannya menegaskan pentingnya kegiatan pengembangan kompetensi guru untuk mendukung kualitas pendidikan. Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam bidang literasi dan publikasi. “Saya berharap guru mampu menghasilkan majalah sekolah yang berkualitas tinggi sebagai media edukasi dan informasi, sekaligus mendorong budaya literasi serta kreativitas siswa, ujar Joko
Kegiatan yang berdampak
Kegiatan ini memberikan manfaat signifikan bagi guru, antara lain meningkatkan keterampilan literasi dan desain konten edukatif, memperkuat kreativitas dalam menyusun media informasi sekolah, serta mendorong budaya literasi di lingkungan sekolah. Melalui kemampuan menghasilkan majalah sekolah yang profesional, guru dapat menyajikanberbagai karya, prestasi, dan aktivitas pendidikan secara menarik sehingga meningkatkan minat baca serta potensi kreatif siswa.
Pelatihan peningkatan kompetensi guru bertema Pembuatan Majalah Sekolah ini berlangsung dengan baik, lancar, dan produktif. Sekolah berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran yang semakin inovatif.
Dengan adanya pelatihan ini, SD Muhammadiyah 20 Sidorejo Surakarta optimistis mampu mencetak generasi pendidik yang kompeten, kreatif, dan berdaya saing, serta mendorong keterlibatan aktif siswa melalui karya literasi yang inspiratif.
Kontributor : Cholida Oktia Pratami




























